Mengirim Uang Ke Luar Negeri Saat Week End

Hari Sabtu (2 Oktober 2010) saya membutuhkan jasa pengiriman uang ke luar negeri. Ada pembayaran yang harus saya lakukan sebesar US$ 300,- dengan cara transfer. Maka, saya bertanya-tanya, adakah jasa pengiriman uang ke luar negeri yang tetap beroperasi pada akhir pekan?

Pertama-tama, tentu saya mencari bank yang buka. Informasi saya sebar ke twitter dan facebook. Oh, ya. Saya nasabah BNI, Bank Mandiri, dan BCA. Jadi saya fokus dulu ke tiga bank itu. Kebetulan BNI telah mempunyai account twitter (entah resmi atau tidak) dengan id @BNI46.

Informasi awal yang saya butuhkan adalah bank apa saja di Makassar yang beroperasi hari ini. Saya berasumsi bahwa setiap bank (terutama bank komersial) pasti melayani pengiriman uang ke luar negeri.

Semua kantor cabang bank-bank di Makassar tutup pada hari Sabtu. Beberapa cabang pembantu atau kantor kas di daerah-daerah pusat bisnis tetap beroperasi, tetapi dengan pelayanan terbatas (seperti Bank Mandiri Panakukkang di Jalan Boulevard).

Setelah berkunjung ke beberapa bank dan tanya sana-sini di security, saya akhirnya memperoleh informasi yang lumayan berguna: “Di Kantor Pos Besar Jalan Slamet Riyadi, ada Western Union yang beroperasi 7 hari seminggu)”. Terima kasih kepada security Bank CIMB Niaga di Boulevard yang memberi informasi ini.

Tetapi masalah tidak selesai. Western Union ternyata hanya melayani pengiriman yang diterima cash. Artinya, si penerima akan dihubungi oleh WU untuk menyampaikan bahwa ada kiriman uang untuknya. WU tidak melayani kiriman dengan cara ditransfer ke rekening penerima. Begitu informasi yang saya dapat dari petugas di Kantor Pos Besar.

Well, saya membutuhkan jasa Telegraphic Transfer, yaitu pengiriman uang dengan tujuan penerima melalui rekening bank setempat. Dan ini tidak bisa dilakukan oleh WU pada hari Sabtu. Jadi, janganlah repot-repot mencari jasa pengiriman uang ke luar negeri dengan penerimaan melalui rekening bank. Saat ini, layanan itu belum tersedia di Makassar. Entah ya, kalau di kota-kota besar lain…***