Mau Beli Tiket Pesawat? Online Saja…

 

Beberapa Maskapai Yang Menawarkan Tiket Online

 

Apa yang kita lakukan kalau hendak membeli tiket pesawat?  Sebagian besar orang saya kira akan menjawab “menghubungi travel agent terdekat atau langganan”.  Yup, itu cara yang lumrah, dan paling sering dilakukan.  Cara lain adalah menghubungi sales center atau ticketing maskapai penerbangan.  Kedua cara ini cara kerjanya hampir sama: konsumen meminta kepada orang lain untuk dicarikan jadwal penerbangan dengan harga yang sesuai.

Apakah ada cara lain? Cara yang lebih fleksibel dan independen?  Ya, tentu saja.  Sekarang sudah tersedia layanan pembelian tiket online yang sangat user friendly.  Tetapi, saya agak heran karena masih jarang orang menggunakan cara ini.  Pengalaman ini sudah berkali-kali (kayaknya sudah puluhan kali, malah) saya alami.  Tetapi baru kali ini saya berpikir untuk membagikannya.

Maskapai Mana Saja?

Dari pengamatan saya, beberapa maskai penerbangan domestik sekarang telah menyediakan layanan penjualan tiket online.  Artinya, kita tinggal koneksi internet, membuka website alamat maskapai bersangkutan, dan klik sana-sini atau ketik sana-sini, isi form ini-itu (yang tidak ribet dan simpel).

Maskapai domestik yang telah menyediakan layanan pembelian tiket online adalah:

  • Lion Air dan Wings Air (www.lionair.co.id)
  • Garuda Indonesia (www.garuda-indonesia.com)
  • Merpati Nusantara Airlines (www.merpati.co.id)
  • Batavia Air (www.batavia-air.com)
  • Sriwijaya Air (www.sriwijayaair.co.id)

(Saya belum pernah mencoba maskapai lainnya, tapi mungkin saja beberapa juga sudah menyediakan tiket online. Silakan dicoba sendiri)

Tahapan Pembelian Tiket On-line

Proses pembelian tiket online terbagi 2 tahap, yaitu: tahap reservasi (booking) dan tahap pembayaran (payment).

Pada tahap reservasi, kita akan diminta untuk memilih jadwal penerbangan yang diinginkan, jumlah penumpang, dan rute penerbangan (berangkat dan tujuan).  Semua dalam layout drop-down, jadi kita tinggal klik-klik.

Lalu kita akan disajikan pilihan detail tentang jam, nomor penerbangan, dan harga.  Kita tinggal mencentang atau memilih jam dan harga mana yang kita inginkan.  Setelah itu, kita akan diminta memasukkan data pemesan dan data penumpang yang akan berangkat.  Isi saja sesuai permintaan form yang tersedia.

Setelah tahap ini sukses, kita akan memperoleh:

  • Kode Booking (biasanya 6 karakter huruf dan angka).
  • Kode Pembayaran jika kita memilih pembayaran melalui ATM atau internet banking; atau panduan untuk membayar langsung saat itu juga jika kita memilih pembayaran menggunakan kartu kredit.

Setelah kedua kode ini kita miliki, kita bisa melakukan pembayaran sesuai jenis pembayaran yang kita inginkan (biasanya, pilihan yang tersedia adalah via ATM, via internet banking, klik-BCA, atau Kartu Kredit).

Jangan ragu untuk mengisi form pada bagian tahap reservasi, kita tidak akan dikenakan biaya apapun.  Tetapi pada tahap pembayaran, sebaiknya kita teliti kembali, untuk memastikan tidak terjadi kekeliruan detail penerbangan, detail penumpang, dan detail jumlah pembayaran.  Sebab begitu tahap ini selesai, duit kita akan berpindah tangan ke maskapai.

Keuntungan dan Kerugian

Membeli tiket online sungguh efektif dan efisien.  Kita bisa membeli tiket kapan saja dan dimana saja, bahkan dari kamar tidur waktu pukul 2 dini hari, tidak perlu antri di bagian ticketing atau travel.  Kita bisa memilih sendiri tanggal dan jam keberangkatan, memilih sendiri kelas penerbangan (bahkan bisa memperoleh tiket promo jika masih tersedia), dan menentukan sendiri rincian perjalanan kita (ingin one way atau returning, connecting atau direct, dan sebagainya).

Selain itu, kita tidak perlu lagi ragu kehilangan tiket.  Nomor booking dan kode pembayaran kita biasanya dikirim melalui e-mail.  Kita bahkan bisa menuju ke bandara hanya berbekal kode booking saja, dan minta diprint-outkan tiket kita dibagian ticketing bandara.  Kalau kita melakukan pembayaran melalui ATM, struk bukti bayar dari mesin ATM itu bahkan dapat menjadi tiket yang kita tunjukkan saat akan masuk bandara dan melakukan check-in.

Kerugiannya?  Selama ini saya belum menemukan kerugian dari pembelian tiket online ini.***