Semangat Baru Bulan Oktober 2021

Istri saya adalah pelukis, tepatnya sketcher. Ia berkomunitas, dan mengisi waktu luang menggambar apa saja. Kadang-kadang saya berpikir ia terlalu banyak menggambar dan melukis. Tapi lama-lama saya pikir kegiatan ini memiliki dampak baik.

Salah satu rutinitasnya setiap tahun adalah membuat satu lukisan sketsa setiap hari. Ini semacam challenge komunitas yang diberi nama #inktober. Jadi, setiap orang diminta membuat satu lukisan sketsa tentang apa saja dan memposting di sosial media.

Challenge ini semacam gerakan global. Di Facebook, ketika mengetik #inktober atau #inktoberchallenge pada kolom search, akan tampil berbagai sketsa yang dihasilkan pada bulan Oktober dari seluruh dunia, baik dari para art desainer dan profesional sketcher, hingga ibu rumah tangga dan anak-anak sekolah dasar.

Ketika mengumpulkan sketsa-sketsa dengan hashtag itu, muncullah begitu banyak variasi sketsa yang menarik. Sangat semarak.

Saya jadi berpikir untuk melakukan hal yang mirip, yaitu membuat satu tulisan setiap hari, dan mempostingnya di sosial media. Karena saya memiliki blog ini, mungkin akan saya simpan dulu disini saja.

Sayangnya, karena tidak memiliki komunitas khusus penulis, saya melakukannya sendirian saja dulu. Siapa tahu besok-besok ada yang ingin join. hehe…

Oh ya, apa nama challenge-nya? Saya petik saja yang mudah dan kebetulan lewat: #oktobercerita.  Jadi, postingan (yang berupa tulisan) ini akan bercerita tentang apa saja. Semangatnya adalah merawat kebiasaan menulis. Itu saja.

Nah, tulisan ini adalah cerita pertama. Tentang motif #oktobercerita kali ini. Tinggal kita lihat seberapa jauh nanti bisa bertahan. Do’akan kami pemirsa. (*/ir)

Leave a Comment