Rumah Makan Ulu Juku: Tempat Eksklusif Yang Tersembunyi

Makassar dikenal sebagai surga kuliner. Berbagai pilihan makanan tersedia di kota ini. Salah satunya adalah Sop Kepala Ikan atau yang populer disebut “Ulu Juku”.

Nah, di Jalan Racing Center Makassar terdapat suatu tempat makan eksklusif yang masih jarang diketahui. Tempat makan ini bernama “Rumah Makan Ulu Juku”. Dari namanya tampak bahwa menu utama yang ditawarkan adalah Ulu Juku alias kepala ikan.

Dilihat dari depan, tempat makan ini terlihat “sepi”. Memang banyak ornamen ikan-ikanan di dinding depan yang menghadap ke jalan. Tapi dengan struktur bangunan yang hanya mempunyai satu gerbang kecil, kita tidak menduga apa yang ada di dalamnya.

Jika berkendaraan (mobil atau motor), kita harus masuk melalui pintu, dan parkir di dalam. Lumayan membantu, sebab pengunjung tidak perlu bersusah-payah mencari parkiran. Para pegawai yang ditugaskan cukup sigap membantu proses parkir.

Bangunan yang dari luar tampak sederhana ternyata sangat “mewah” untuk ukuran rumah makan. Bayangkan, lantai, meja-kursi, dan langit-langit terbuat dari marmer. Wow…

Bangunan ini terdiri dari 5 lantai. Saya berkesempatan showing hari ini. Lantai 1 adalah tempat parkir, sekaligus tempat bermacam roti, kue-kue, dan makanan kecil dijajakan dengan apik.

Di lantai 2 adalah area smoking, cukup luas. Kira-kira mampu menampung 100-an pengunjung. Di lantai 3 ada area non smoking yang sama luasnya dengan lantai 2 (ketika berkunjung, saya lihat area non smoking ini agak sepi).

Nah, lantai 4 agak unik. Ada banyak ruangan di sini, yang nampaknya di desain untuk tempat meeting atau tempat makan bersama keluarga atau teman-teman, sekaligus untuk bersantai dan berkaraoke. Kita bisa memilih ruangan untuk kapasitas 4 orang atau 8 orang yang lengkap dengan fasilitas karaoke. Juga ada ruangan meeting dengan kapasitas 20-an orang atau 40-an orang.

Pemakaian ruangan ini free, kita hanya dikenakan biaya makan saja. Jika ingin berkaraoke, barulah dikenakan tarif per jam Rp. 30 ribu disiang hari dan Rp. 60 ribu malam hari. Fasilitas meeting juga free, hanya biaya makan yang perlu dibayar. Jika ingin meeting dengan jaminan privacy, tempat ini cukup memadai.

Lantai paling atas adalah hall yang dapat menampung hingga 600 orang. Ideal untuk pesta dengan menu khas Makassar, ulu juku. Akses ke lantai 3 hingga 5 dapat melalui tangga, atau melalui lift yang disediakan dari lantai 1.

Rasa makanan sangat lezat, dan benar-benar khas Makassar, setidaknya menurut standard lidah saya. (Lidah saya sangat sensitif soal rasa makanan, lho… Hehe)

Terakhir, bagaimana dengan harga makanan? Lagi-lagi menurut saya, dengan rasa dan kenyamanan yang disajikan, harganya termasuk murah. Satu porsi sop kepala ikan Rp. 28 ribu. Di daftar menu, harga termahal adalah Rp. 39 ribu.

Tempat ini layak dijadikan pilihan pertama jika ingin menikmati ulu juku khas Makassar.

Powered by Telkomsel BlackBerry®